Master FEB UI Memberikan Pelatihan Penulisan

0
159

Pada Sabtu siang tanggal 28 Maret 2015, tampak beberapa remaja tengah berdiri di depan gerbang sebuah sekolah kecil ditemani teriknya sinar matahari. Mereka adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB UI) yang sedang mengunjungi sekolah kecil di dekat Terminal Depok yang bernama Sekolah Master. Bukan hanya sekedar berkunjung, tetapi mereka hendak melakukan pelatihan penulisan untuk siswa-siswi Master. Pelatihan penulisan yang diadakan ini merupakan salah satu program kerja dari Master FEB UI.

Sekolah Master adalah sekolah gratis yang diperuntukan anak-anak jalanan yang tidak mampu bersekolah di sekolah formal biasa terkait biaya dan jam sekolah. Di sekolah Master ini, murid-murid mulai belajar di siang hingga sore hari karena mereka bekerja di pagi harinya. Mahasiswa FEB UI memiliki kerjasama dengan Sekolah Master, yakni Master FEB UI. Beberapa mahasiswa FEB UI menjadi pengajar di Sekolah Master juga mempersiapkan murid kelas 12 SMA untuk menghadapi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI).

Pelatihan penulisan ini diadakan untuk menambah minat menulis dan memberikan arahan penulisan yang baik kepada murid-murid Master. Acara dimulai dengan pembukaan oleh pembawa acara, dilanjutkan dengan sambutan dari Galih Albin selaku Vice Project Officer Master FEB UI dan Bapak Samsul selaku perwakilan dari pihak pengurus Sekolah Master.

Acara ini mendatangkan seorang mahasiswa yang baru lulus dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI), Dodi Prananda, sebagai pembicara utama dalam pelatihan penulisan tersebut. Dodi Prananda lulus dengan waktu tiga setengah tahun dengan jurusan ilmu komunikasi peminatan jurnalisme. Dodi Prananda juga seorang penulis buku dan juga jurnal sejak SMA.

Sebelum memulai materinya, Dodi Prananda menampilkan video sebuah acara dari DAAI TV yang berisi tentang kehidupannya semasa remaja. Disana ditampilkan kehidupan Dodi sebagai siswa SMA Negeri 1 Padang. Dari video tersebut, Dodi Prananda ingin menunjukkan bahwa ia memiliki latar belakang yang sama dengan mayoritas siswa-siswi Master. Hal ini menjadi daya tarik dan menambah antusisme dari siswa-siswi Master sebagai peserta.

Dalam acara ini, Dodi tidak hanya memberi tahu tentang bagaimana cara membuat tulisan yang baik. Dia juga mengajak anak-anak untuk mempraktikannya langsung di tempat dengan menulis satu paragraf tentang apapun. Setelah selesai, satu tulisan dipilih untuk dibacakan sebagai contoh. Dodi Prananda juga memberikan buku-buku karyanya kepada siswa-siswi yang berani mengajukan ide tulisan mereka.

 

Penulis: Niken Rahmadini Cholin

LEAVE A REPLY