Klinik Satelit UI Diresmikan

0
744

Pada Senin, 16 Maret 2015, gedung baru Pusat Kesehatan Mahasiswa (PKM) UI resmi dibuka. Namanya pun berganti dari PKM menjadi Layanan Pratama Rawat Jalan, Klinik Satelit UI. Pada Jumat sebelumnya, 13 Maret 2015, sudah diadakan soft opening pembukaan gedung baru. Kini, gedung yang terletak di seberang Fakultas Teknik UI itu sudah mulai beroperasi memberikan pelayanan kesehatan. Tiga puluh orang datang berobat di pagi hari, dan sembilan belas orang datang di siang dan sore harinya. Mayoritas mereka yang datang adalah mahasiswa dan karyawan UI.

Di hari pertama peresmian yang bertepatan dengan hari jadi PKM UI ke-50, suasana aktivitas di dalam dan luar gedung berlangsung cukup normal. Di dalam gedung, kegiatan pelayanan medis diberikan di lantai satu dan dua. Di sana terdapat beberapa staf Klinik Satelit UI yang melayani kegiatan medis dan administrasi. Sementara di lantai paling atas, suasana cukup sepi, tidak terlihat aktivitas pelayanan kesehatan.

Menurut dr. Dhanasari, Direktur Pelayanan Medik, Klinik Satelit UI berperan dalam memberikan pelayanan kesehatan primer bagi pasien. Artinya, pelayanan yang diberikan adalah pelayanan medis rawat jalan. Untuk pelayanan rawat inap, akan dilakukan di Rumah Sakit UI yang rencananya mulai beroperasi tahun 2017.

Dalam pelayanannya, Klinik Satelit UI tidak hanya memberikan pelayanan kesehatan kepada mahasiswa UI saja. Seluruh civitas academica UI dan masyarakat umum di luar UI juga akan diberi pelayanan kesehatan. Pelayanan yang diberikan pun cuma-cuma, alias gratis. Mahasiswa dapat berobat gratis di Klinik Satelit UI hanya dengan menunjukkan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan menyerahkan dua buah pas foto. Untuk masyarakat umum, pelayanan kesehatan gratis diberikan menggunakan BPJS Kesehatan.

Selain pelayanan kesehatan, Klinik Satelit UI juga dapat digunakan sebagai sarana pendidikan dan bimbingan konseling bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Farmasi, Fakultas Ilmu Keperawatan, dan Fakultas Psikologi UI. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya ruangan bimbingan konseling dan ruangan kelas di gedung berlantai tiga tersebut.

 

Penulis : Chelvin Romaretho Silalahi

LEAVE A REPLY