Harga Beras Naik: BEM UI Turun Aksi

0
117

Jumat sore kemarin, 13 Maret 2015, jaket kuning kembali turun di stasiun UI. Disana terlihat puluhan mahasiswa dari Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) dan beberapa BEM Fakultas di UI menggelar aksi mimbar bebas. Mereka menggelar aksi untuk menuntut negara menjamin stabilitas harga kebutuhan pokok. Aksi dilakukan dengan menggelar orasi sambil memegang spanduk bertuliskan “Negara harus menjamin stabilitas harga pangan”. Tuntutan ini merupakan tanggapan atas naiknya harga kebutuhan pokok di pasaran, terutama beras, yang tengah terjadi saat ini.

Data mengenai kenaikan harga beras tersebut didapatkan BEM UI dari situs web infopangan.jakarta.go.id. Pada 12 Maret 2015, data dari situs tersebut menyebutkan bahwa harga beras level medium di Jakarta telah mencapai Rp 11.900,-/kg. Padahal sebelumnya harga beras level medium ini di kisaran Rp 8000,-/kg.

Terkait hal itu, BEM UI menilai perlu adanya penyikapan tegas dari pemerintah. BEM UI menilai bahwa pelepasan harga kebutuhan pokok ke mekanisme pasar dapat menimbulkan fluktuasi harga. Sehingga, ada potensi terulang kembalinya kenaikan harga di masa yang akan datang.

Andi Aulia, ketua BEM UI 2015 menyatakan bahwa kenaikan harga barang pokok merupakan masalah serius karena masih banyak rakyat yang berada dibawah garis kemiskinan. Untuk itu, Andi berharap negara dapat memberi perlindungan harga untuk kebutuhan pokok yang vital.

Solusi yang ditawarkan BEM UI terhadap fluktuatifnya harga bahan kebutuhan pokok adalah adanya reformasi pangan nasional sehingga kedepannya diharapkan stok komoditas kebutuhan pokok selalu terjaga agar terus mampu memenuhi permintaan konsumsi rakyat Indonesia.

Andi juga menyerukan kepada seluruh civitas academica UI untuk menghadiri rapat akbar UI di kampus UI Salemba pada Jumat, 20 Maret 2015. Rapat akbar tersebut merupakan konsolidasi ikatan alumni UI dengan mahasiswa UI untuk menyuarakan beberapa tuntutan mereka kepada pemerintah terkait banyaknya permasalahan bangsa Indonesia hari ini. Rapat akbar tersebut direncanakan akan berlangsung sejak jumat siang, 20 Maret 2015. Disana akan ada berbagai aksi baik dari elemen mahasiswa UI maupun dari alumni UI.

 

Penulis: Izzudin Al Farras

LEAVE A REPLY