BEM UI dan Alumni Menggelar Aksi Gerakan Anti Korupsi

0
101

Ratusan massa dari mahasiswa, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan alumni Universitas Indonesia (UI) menggelar aksi di kampus UI Salemba pada Jumat siang, 20 Maret 2015. Mereka menilai, aksi ini dilakukan karena keadaan Indonesia sudah genting dengan isu korupsi sehingga pemerintah perlu diingatkan agar segera melakukan tindakan pemberantasan korupsi.

Aksi yang bertajuk “Rapat Akbar UI dan Lintas Alumni Perguruan Tinggi Gerakan Anti Korupsi” ini menyuarakan empat tuntutan antara lain; Perkuat KPK, Reformasi POLRI dan lembaga peradilan, Bersihkan demokrasi dari oligarki, dan Turunkan harga dengan membasmi mafia.

Terkait dengan tuntutan tersebut, aksi ini dinilai tidak untuk menuntut Jokowi selaku Pemerintah untuk turun dari kursi pemerintahannya. Namun, diakhir acara para peserta aksi membuat surat terbuka yang akan diberikan baik kepada KPK, POLRI dan Presiden Joko Widodo sendiri.

Selain mahasiswa dan alumni Universitas Indonesia, aksi ini juga diikuti oleh mahasiswa dan alumni perguruan tinggi lain seperti ITB, IPB, Trisakti, Universitas Pancasila dan beberapa universitas lain. Bahkan, aksi ini juga dihadiri oleh ketua KPK non aktif Abraham Samad.

Aksi ini sempat diwarnai ketegangan yang datangnya dari ILUNI UI (Ikatan Alumni Universitas Indonesia) terkait dengan pemasangan spanduk di pagar kampus UI Salemba. Spanduk itu dinilai mengandung muatan yang tidak ada hubungannya dengan tuntutan utama dalam aksi ini dan cenderung provokatif.

Ketegangan terjadi karena salah satu pihak dari ILUNI yang mengklaim sebagai ketua panitia dalam aksi tidak memberikan izin kepada pihak luar untuk memasang spanduk itu didalam kampus UI Salemba. Sedangkan pihak yang lain yang juga tergabung dalam ILUNI bersikeras mengizinkan spanduk tersebut dipasang.

“Memang ada satu panitia yang tidak tahu duduk permasalahannya akhirnya mengijinkan untuk masuk kedalam. Itu ceritanya ya, kronologisnya. Nah kemudian konfirmasi kepada panitia yang didalam. Sedangkan (spanduk tersebut) positif nggak bisa (dipasang), nggak ada kaitan dengan tuntutan sebelumnya sehingga kita mohon untuk di copot.” Jelas Baginda, salah satu anggota ILUNI UI.

Selain diisi dengan orasi-orasi baik dari BEM UI, ILUNI dan beberapa alumni universitas lain, aksi ini juga diisi dengan pembacaan puisi serta hiburan paduan suara dari para peserta aksi.Aksi ini juga dilengkapi dengan adanya penandatanganan ‘Catur Cita’ yang ditandatangani oleh mahasiswa dan Alumni UI diatas spanduk panjang yang digelar dihalaman kampus UI Salemba.

Kedepannya, mereka menyatakan bahwa gerakan anti korupsi ini akan terus berlanjut jika kondisi Indonesia masih darurat korupsi. “Insyaallah, kita akan terus. Ini tidak akan berhenti disini karena kalo pemerintah nggak bener kita bergerak terus sampai Indonesia bersih korupsi.” Tegas Chandra Motik, ketua ILUNI UI.

 

Penulis: Citra Mufthi Ulil Afida

LEAVE A REPLY