Pertanggungjawaban BEM UI, MWA UI Unsur Mahasiswa, dan DPM UI 2014 di Depan Publik

0
236

Selasa (6/1/2015) bertempat di Aula Terapung Universitas Indonesia, DPM UI mengadakan pelaporan pertanggungjawaban dan pelantikan tiga lembaga tingkat Universitas, yakni BEM UI, MWA UI unsure mahasiswa, dan DPM UI. Konsep yang diusung oleh DPM UI, ialah Senja di Ujung Samudra.

Amar, MWA UI Unsur Mahasiswa 2014, menyampaikan periode MWA di tahun 2014 telah begitu unik dan dekat dengan mahasiswa dan memperhatikan aspirasi serta kebutuhan mahasiswa. Ia mencontohkan bahwa program Gelar Aspirasi 1.0 dan 2.0 merupakan wadah untuk menyampaikan aspirasi mahasiswa kepada calon rektor UI 2014-2019. Selain itu terdapat program Pojok MWA UI di dalam Perpustakaan Pusat UI sebagai penghubung aspirasi mahasiswa dengan MWA UI Unsur Mahasiswa yang nantinya direkomendasikan dalam rapat MWA UI.

“Di tahun lalu, kami telah membuat sejumlah kajian berkaitan dengan mahasiswa UI berdasarkan aspirasi. Tidak menutup kemungkinan hasil kajian kebijakan MWA UI ini akan diteruskan ke kepengurusan MWA UI Unsur Mahasiswa yang baru. Walaupun tidak ada satupun perwakilan tim kajian MWA UI UM 2014 yang melanjut di kepengurusan kedepan, kami siap untuk diminta sharing dan membukakan akses terhadap G-drive kami”, papar Mahasiswa FH UI angkatan 2010 ini.

Sementara itu, dalam laporan pertanggungjawaban BEM UI 2014 diwakilkan oleh Ivan Riansa, Ketua BEM UI dan Ahmad Mujahid, Wakil Ketua BEM UI. “Kami telah berhasil memenuhi eskpektasi mahasiswa UI berdasarkan survey ketercapaian program BEM UI. Dekat, bermanfaat, dan optimis adalah tiga mantra yang mengisi langkah kami setahun ini. Kualitas perjuangan kami dengan memberikan waktu dan energi semata-mata untuk UI dan Indonesia”, ungkap Ivan.

Selanjutnya, Ketua DPM UI 2014 Muhammad RIfky ditemani dua wakil ketua DPM UI, Fathan dan Rina, mengungkapkan laporannya di depan publik, “Berawal dari delapan anggota independen, kami telah menjalankan fungsi DPM dengan sebaik-baiknya. Untuk fungsi pengawasan, kami telah berusaha menciptakan harmonisasi dan check and balances antar lembaga di tingkat universitas. Untuk fungsi kelembagaan, kami telah membumikan makna yang tertuang di IKM UI saat penerimaan mahasiswa baru mulai dari tingkat UI maupun di tingkat fakultas. Untuk fungsi legislasi, DPM UI bertugas memfasilitasi aspirasi dan menghubungkan antar lembaga dengan suasana cultural. Pencapaian DPM UI kepengurusan ini ialah mampu menghidupkan kembali Badan Audit Keuangan (BAK) UI”, ungkap RIfky

Penulis: Luqman Hakim

LEAVE A REPLY