MWA UI Menyetujui Pembentukan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) dan Pergantian nama FE menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis

0
589

Pembicaraan pembentukan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) UI telah berlangsung sejak lama, yakni sejak tahun 1999. Bahkan sempat vakum selama 11 tahun, pada tanggal 22 Juli 2011 rencana pembentukan FIA diusulkan kembali dan mendapat persetujuan di tingkat SAF FISIP UI. Setahun berselang di tahun 2012, Pokja Senat Universitas membahas usulan ini dan kemudian dilanjutkan tahapan perampungan kurikulum FIA UI oleh DPA, Dirjen, BPMA UI pada tahun 2014. Sementara untuk Gedung FIA, Tim Penataan Lingkungan Kampus (TPLK) UI telah membahas rencana pembangunan gedung FIA UI pada tanggal 28 September 2011.

Akhirnya pada hari Kamis (15/01/2015), MWA UI Unsur Mahasiswa 2014, MWA UI telah menyetujui pembentukan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) dan perubahan nama FE menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB).

Menurut Amar Umam, MWA UI Unsur Mahasiswa tahun 2014, yang juga mengutip proposal pendirian Fakultas Ilmu Administrasi UI, calon lahan pendirian FIA UI terdapat dua kemungkinan yang masih dipertimbangkan. Lahan pertama berada di samping perpustakaan lama (dekat menara air) yang berbatasan dengan FIB. Lahan kedua bertempat di antara FE dan Pusat Studi Jepang. Namun selama masa transisi ini sampai pembentukan gedung selesai, FIA akan memanfaatkan Gedung G, Gedung M, Gedung Mardjono Reksodiputro, dan Gedung Mochtar sebagai pusat kegiatan belajar mengajar.

Rapat MWA UI pada kamis (15/01/2015) juga menandakan rapat terakhir dari Amar karena akan digantikan oleh Abdel Setya, MWA UI Unsur Mahasiswa tahun 2015, sekaligus rapat perdana bagi Abdel.

Penulis: Luqman Hakim

LEAVE A REPLY