Badan Audit Kemahasiswaan FEB UI untuk Transparansi Keuangan Lembaga Kemahasiswaan

0
155

Tahun 2015 ini Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) FEB UI membuat gebrakan baru dengan membuat Badan Audit Kemahasiswaan (BAK) FEB UI. Menurut rancangan strategis BAK FEB UI 2015-2019, BAK FEB UI akan menjadi pengawas, pemeriksa, dan regulator tata kelola keuangan lembaga kemahasiswan di FEB UI. Sementara BPM FEB UI berfungsi sebagai berpartner dengan BAK FEB UI untuk menciptakan good governance di lingkungan kemahasiswaan FEB UI.

Pembentukan komite audit untuk lembaga kemahasiswaan sebenarnya sudah diamanahkan melalui UU Majelis Mahasiswa No. 1 tentang komite audit, namun ketentuan tersebut dipandang anggota independen BPM FEB UI 2015 secara ilmu audit dan definisi di UU tersebut masih kurang tepat.

Tetapi setelah dikaji, UU tersebut tidak sesuai dengan peruntukan yang diinginkan yaitu sebagai audit eksternal organisasi, sehingga perlu direvisi menjadi Badan Audit Kemahasiswaan. Gagasan BAK FEB UI juga termasuk janji kampanye dari Rifqi Alfian Maulana, yang kini menjadi Ketua BPM FEB UI 2015.

Hari Jumat (19/1/2015), Rifqi Alfian, Ketua BPM FEB UI 2015, menjelaskan BAK didirikan karena organisasi mahasiswa di fakultas yang core competence-nya adalah di bidang transparansi dan akuntanbilitas, sudah saatnya FEB menerapakan core competence-nya di kehidupan berorganisasi. Ketika ditanya bagaimana sistem kerja dari BAK FEB ini, Rifqi mengungkapkan, “Mekanisme kerja BAK FEB saat ini masih sedang dikaji”.

Dalam rangka mempersiapkan kelembagaan BAK FEB UI, BPM FEB UI sedang mengagendakan dua RUU, yakni (1) RUU Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Lembaga dan (2) RUU Badan Audit Kemahasiswaan. Kedua UU tersebut merupakan dasar hukum BAK FEB UI dan diprioritaskan untuk selesai pada Februari 2015.

Saat ini anggota utama BAK FEB UI 2015 yaitu Massaid Bimo, Putri Permata, dan Utari Indriani. Ketiga anggota BAK FEB UI 2015 ini merupakan mahasiswa jurusan Akuntansi FEB UI angkatan 2012. Selain ketiga anggota utama tersebut, BAK FEB UI sedang melakukan proses perekruitan manajer kompartemen untuk mengisi posisi audit, standar profesionalisme, internal dan eksternal.

Penulis: Luqman Hakim

LEAVE A REPLY