Ki Manteb Soedharsono tampil di Wayang Goes to Campus UI

0
92

Depok – Beberapa tahun lalu jika kita melihat iklan salah satu merk obat sakit kepala, sebagian dari kita mungkin tidak mengetahui siapa tokoh dalang di dalam iklan tersebut.  Tokoh dalang tersebut ialah Ki Manteb Soedharsono. Ia adalah seorang dalang senior yang sangat terkenal di dunia perwayangan Indonesia. Kelihaiannya dalam memainkan wayang memang sudah tidak diragukan lagi. Hal itu terlihat jelas ketika ia tampil di salah satu lakon wayang acara Wayang Goes to Campus Universitas Indonesia (UI) 2014 yang sudah dimulai sejak selasa lalu (23/09/14). Lakon wayang tersebut diadakan di ruang utama Balairung UI, Jumat (26/09/14).

Lakon yang dibawakan berjudul Karno Tanding, salah satu cerita wayang yang cukup terkenal dikalangan para penggemar wayang. Kisah Karno Tanding menceritakan tentang konflik antar saudara yang menegangkan, Adipati Karna dan adik kandungnya sendiri Arjuna.

Penonton terlihat antusias menantikan sang “dalang setan” menyabet wayangnya di atas panggung. Walaupun acara baru dimulai setengah tiga sore,   kursi  penonton sudah hampir penuh setengah jam sebelum acara dimulai.   Penonton yang datangpun bermacam-macam mulai dari mahasiswa, orang tua, dan bahkan beberapa orang asing juga datang ikut menyaksikan lakon wayang tersebut.

Menurut Ria, salah satu penonton dalam acara ini, mengatakan bahwa salah satu alasan kedatangannya menonton lakon wayang karena ingin melihat langsung penampilan dari Ki Manteb Soedharsono. Ia juga terkesima dengan cara Ki Manteb menokohkan setiap karakter di wayang yang sesekali membuat penonton tertawa.

Di akhir pertunjukan Ki Manteb pun turun dari panggung dan banyak penonton yang berebut untuk ikut foto bersamanya. Ki Manteb memang sosok yang humoris. Tak hanya saat memainkan wayang, saat bertemu dengan penonton pun ia sempat bercanda ria.  Acara pun selesai sekitar pukul 5 sore dan dilanjutkan dengan Wayang Potehi.

 

Penulis: Trias Bintang Chatulistiwa

Editor: Syapira Surya

LEAVE A REPLY